Manfaat Urin / Air Kencing Bagi Kesehatan

hhaihaihai,..hhehe kali ini saya akan posting tantang "Manfaat Urin / Air Kencing"
Urin atau air seni adalah sisa dari pencernaan manusia, makanan diolah jadi energi lalu sisanya adalah urin.semua tau itu kawan (Trus kenapa pake dijelasin segala?u,u). Nah suatu hari saya berpikir makanan yang kita makan itu penuh nutrisi dan semangat memakannya tapi mengapa akhirnya malah terkesan tidak sehat dan jijik?mendekat saja enggan. Dari situ saya berpikir  lagi, apakah barang yang kita anggap itu menjijikkan itu ada manfaatnya? Setelah searching sejenah di Om Google akhirnya saya dapat jawaban dan ini lah hasilnya :


Urin yang kita keluarkan setiap harinya mengandung sebanyak 70% nutrisi dari makanan yang kita makan sebelumnya. Dalam setahun, seseorang dapat mengeluarkan Urin kira-kira sebesar 500 liter. Jumlah ini setara dengan 4 kg nitrogen, 0.5 kg fosfor, dan 1 kg potasium. Ketiganya termasuk unsur penting dalam pertumbuhan tanaman. Nahloh?berarti 70%dari nutrisi makanan kita ada di urin kalo di nalar berarti tu urin sehat kan? Lalu ada pemanfaatan dari urin ini sendiri yaitu :


Pupuk Urin
Tidak hanya milik hewan saja yang bisa dijadikan pupuk tapi punya manusia juga bisa(g mau kalah donk!) Berbagai penelitian tentang pupuk urin ini telah dilakukan dan hasilnya memang memuaskan. Selain mempunyai kelebihan pada sisi lingkunga, ekonomi dan sosial pupuk urin tak kalah dengan pupuk buatan pabrik. Bahkan pertumbuhan, biomassa, dan kandungan klorida tanaman sedikit lebih tinggi jika menggunakan pupuk air seni. Serangga yang biasanya ikut mati akibat penggunaan pupuk industri juga berkurang dengan menggunakan pupuk alami ini. Penelitian ilmuwan ini membuktikan bahwa air seni manusia dapat digunakan sebagai pupuk tanpa mengancam nilai kehigienisan tanaman yang berarti. Selain itu, rasa produk makanannya juga tak berkurang meski tanaman yang menjadi bahan bakunya diberi pupuk urin. Jadi 




Terapi Urin
Terapi urin telah lama dikenal beribu tahun lalu di beberapa negara seperti India, Jepang, Cina bahakan negara Eropa telah mengenal terapi ini sejak 4000 tahun yang lalu. 

Terapi urin dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, seperti 


  • kanker
  • maag
  • radang usus
  • asma
  • penyakit jantung
  • tekanan darah tinggi/ rendah
  • rematik
  • mandul
  • sakit kepala
  • sakit pinggang
  • bisa membuat kulit menjadi halus
  • flek-flek kulit hilang
  • rambut uban menjadi hitam kembali
  • melancarkan peredaran darah
  • melancarkan kencing
  • menghilangkan sembelit

Menurut Urinoterapis(ahli terapi urin), tidak ada dosis tertentu untuk terapi urin. Jadi berapapun meminum urin hampir tidak ada efek samping jangka panjang paling juga kembung.hhahaha. Tidak bisa keracunan dan overdosis. Tidak ada efek samping. Namun dalam awal-awal terapi akan ada reaksi yang disebut reaksi Koten ( Bhs Jepang ) atau Meigen ( bhs Cina ) yang artinya jika terjadi gejala-gejala seperti gatal, mencret, ngilu, batuk-batuk, kembung, sembelit, gigi dan gusi ngilu dan nyeri, kepala pening dsb, ini berarti bahwa penyakitnya akan sembuh. Nah jadi kalo kalian merasa tidak sembuh malah tambah sakit jangan berburuk samgka dulu kawan. Jika terjadi reaksi Koten atau meigen, jangan takut atau panik, boleh berhenti dulu 2-3 hari, setelah hilang gejalanya , hari ke 4 baru mulai minum lagi tu urin. Kalau mau minum terus juga tidak masalah. boleh juga meminum obat dari dokter untuk menghilangkan efek sakitnya :)

Walaupun tidak ada dosis yang ditentukan namun ada dosis yang dianjurkan:
  1. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, minimal 1 gelas ( 100 – 200 cc ) setiap pagi habis bangun tidur. Nah setiap pagi kan biasanya kita buang tu mending kita minum lagi aja.hhahaha
  2. Untuk pengobatan penyakit, Minimal 3 gelas setiap hari, pagi setelah bangun tidur, 1 jam setelah jam 12.00 makan siang dan 1 jam setelah makan malam
Urin yang diambil ialah urin tengah (caranya : buanglah tetesan-tetesan awal dan akhir. Ambil antaranya saja). bingung?begini saja, saat kalian kencing siapkan wadah penampung. Saat air awal arahkan ke lubang toilet lalu air yang tengah arahkan pada wadah yang disediakan lalu kalau sudah terasa akan habis arahkan lagi ke lubang toilet.
Cara memakainya bisa dengan langsung diminum, dikumur, diteteskan (untuk mata, hidung dan telinga), direndam, dikompres atau dilulur.
Bagaimana cara kerja urin sebagai obat?
Menurut ahli urinoterapis (Dr. Iwan T. Budiarso , DVM, MSc, Phd, APU) urin mengandung mineral, vitamin, enzim, hormon, asam amino, antibodi, antigen, allergen, garam dan nutrien lainnya. ada sepuluh hipotesa cara kerja terapi auto urin:
  • Pertama, penyerapan dan penggunaan kembali nutrien.
  • Kedua, penyerapan kembali hormon. Misalnya, kortikosteroid yang dapat mencegah infeksi, rematik dan asma. Atau, melationin sebagai obat penenang dan anti kanker.
  • Ketiga, penyerapan kembali enzim.
  • Keempat, penyerapan kembali urea. Urin mengandung 25-30 gram urea per hari. Urea yang diserap akan diubah menjadi asam amino.
  • Kelima, memberi efek kekebalan.
  • Keenam, memberi efek bakterisida dan virusida.
  • Ketujuh, sebagai terapi garam yang berguna untuk memperlancar metabolisme, menyingkirkan kelebihan gula darah, dan mengeluarkan zat-zat toksik dari cairan dan jaringan tubuh.
  • Kedelapan, memberi efek diuretika, yakni untuk menstimuler ginjal, meningkatkan produksi air seni, membersihkan ginjal serta ‘mencuci’ gula darah dan zat-zat toksik.
  • Kesembilan, sebagai gambar hologram. Biofeedback-nya memberikan gambaran keadaan tubuh. Meminum urin akan mengoreksi dan memulihkan keseimbangan fisiologi tubuh yang terganggu penyakit.
  • Dan, kesepuluh, memberi efek psikologis. Terapi ini dianggap sebagai penyembuhan dari dalam tubuh secara mekanistik dan holistik pada tingkat energi.
Berdasarkan penelitian di dunia barat sendiri, di dalam urin terkandung zat anti-neoplasma (anti keganasan) sehingga berguna untuk pengobatan kanker selain itu terdapat pula zat dehydroepiandrosterone (DHEA) dalam jumlah cukup banyak yang mempunyai efek anti-penuaan, anti-kanker, dan anti-kegemukan.
Yah, memang sih terapi urin ini masih mendapatkan pro kontra akibat pandangan tentang urin itu kotor dan harus dibuang Namun begitu menurut pengalaman ribuan tahun dari masyarakat India, Cina, Jepang bahkan negara-negara Eropa yang berhasil, tidak ada salahnya dijadikan sebagai pengobatan Alternatif bila secara medis tidak berhasil. Tak ada salahnya to dicoba walau saya sendiri masih enggan meminum urin saya.hhahaha
Lidah Pengecap Urin

Urin ini juga dimanfaatkan oleh para orang kreatif nan cerdas untuk membuat lidah elektronik. Lidah yang terdiri atas bermacam sensor kimia potensiometrik tersebut digunakan sebagai pendeteksi kegagalan fungsi sistem urin dan kadar kreatinin. Kreatinin adalah hasil pemecahan kreatinin fosfat di dalam otot. Senyawa ini normal ada dalam urin, yakni sebesar 0.5-1 mg untuk perempuan, dan 0.7-1.2 mg untuk laki-laki. Namun, jumlah yang berlebih menandakan ada kerusakan dalam ginjal kawan. Di samping dapat mengelompokkan contoh urin yang diteliti, lidah buatan juga mampu membedakan contoh urin orang sehat dengan yang mempunyai penyakit tumor kandung kemih. Dengan data analisis urin yang dihasilkan mungkin bisa mengetahui jenis tumornya, baik yang ganas maupun tidak ganas. Wow extreme.hhaha

Yah itulah sedikit informasi tentang "Manfaat Urin / Air Kencing Bagi Kesehatan". Ini lebih membuka pikiran kita bahwa barang yang kita anggap kotor, menjijikkan, tidak berguna dan harus dibuang belum tentu seperti yang kita pikirkan itu. Tapi malah bisa bermanfaat besar bagi kesehatan, pangan dan energi. Jangan lihat semua dari penampilannya saja kawan. Walaupun saya masih bingung orang bilang "Don't look the book just from the cover" trus ada lain yang bilang "Penampilan seseorang mencerminkan pribadinya" ngerti maksudnya?hhaha. Terlepas dari semua itu semoga postingan ini bermanfaat untuk kalian semua ^_^
http://www.tanyadokteranda.com/kesehatan/2007/11/nikmatnya-minum-air-kencing-sendiri

3comments:

  1. bagaimana agama islam memandang pengobatan dengan urin

    ReplyDelete
  2. Wah aku ga paham deh bang kalo soal agama, tapi kalo menurutku sih ga masalah selama itu buat kesehatan..

    ReplyDelete

mohon kritik n saran untuk kemajuan blog ini!